Selasa, 25 Juni 2019

Sambal Kacang Kesukaanku


Entah kenapa aku itu paling suka yang namanya sama kerupuk dan sambal kacang. Kadang nih ya makan kerupuk disiram sama sambal kacang aja sudah enak pake banget.

Tapi yang namanya sambel kacang paling males kalau disuruh nguleg. Paling nih ya aku goreng kacang sama cabe dan bawang merah sama bawang putih juga. Tapi nyemplunginnya cabe sama bawang belakangan. Pas kacangnya udah mau mateng. Habis itu kalau sudah kecoklatan diangkat bareng. 

Setelah ditiriskan minyaknya dan dingin baru deh dimasukkan blender dengan ditambah air matang secukupnya. Sebenernya bisa aja sih langsung dimakan, tapi kok ya rasanya aku gak tega gitu ya serasa kaya makan sambel mentah, lha padahal semua udah mateng kan ya 

Jadilah akhirnya aku masak lagi. Nah kalau dimasak gini biasanya kalau sudah mendidih dan dingin akan menjadi nb kental. Makanya aku suka tambahkan sedikit air lagi kalau sekiranya larutan has dari blender sudah agak kental.

Selain itu, kalau aku pas pulang ke Solo pasti deh pergi ke pasar Gedhe. Nah di sana itu ada penjual sambel pecel kiloan yang harganya jatuhnya murah pake banget kalau dibandingkan sama upah kita nguleg atau numbuk.

Selain dimakan pakai kerupuk, sambal kacang ini juga seringkali aku nikmati dengan aneka gorengan. Tapi jujur ya aku gak suka dengan sambal kacang yang encer kaya kuah kacang gitu

0 komentar:

Posting Komentar