Rabu, 23 April 2014

Jenis-jenis Cerita Fantasi

Cerita fantasi sebenarnya merupakan bagian dari Cerita fiksi. Dalam wikipedia disebutkan beberapa sub bagian dari cerita fantasi seperti berikut ini : 

1. Bangsian 
Ini adalah genre cerita fantasi yang menghubungkan sejarah atau kejadian tempo dulu dan interaksi dengan dunia lain. 
Dunia lain memiliki hukum alam yang berbeda namun bisa hadir dalam waktu yang bersamaan di dunia kita. 
Dunia lain yang bisa digambarkan dalam cerita fantasi ini antara lain surga, kahyangan, neraka dan sejenisnya.  
Penulis yang terkenal sering menulis genre ini adalah John Kendrick Bangs. 


2. Fantasi Kontemporer
Dikenal juga sebagai genre fantasi modern. Cerita keajaiban yang terjadi mengambil settting dunia nyata pada masa sekarang. Bisa saja cerita tentang makhluk dari dunia lain yang tersesat di dunia sekarang. 
Atau bisa juga ceritanya merupakan gabungan kisah di dunia nyata dan dunia fantasi.   

Beberapa contoh cerita yang termasuk ke dalam fantasi kontemporer ini antara lain Harry Potter. Selain itu ada komik Thor dimana dalam komik ini terdapat penggabungan kota Asgard dan New York.

Untuk genre kontemporer ini memiliki  sub genre yaitu Urban Fantasi atau Fantasi dengan setting perkotaan. 

Pada genre ini fantasi didefinisikan oleh tempat. Hal ini terlihat pada narasi fantasi tentang kehidupan perkotaan. Fantasi perkotaan bisa saja mengambil setting masa sekarang, hanya saja ceritanya merupakan cerita sejarah, modern ataupun futuristik serta periodik. Hanya saja yang menjadi syarat utama dalam fantasi perkotaan ini adalah Setting dalam sebuah kota. Misalnya saja konflik yang terjadi antara penyihir dan manusia dalam sebuah kota.  

3. Dark Fantasi 
Merupakan sebuah genre fantasi yang menggabungkan unsur fantasi dan horor. Di sini ada unsur suasana suram, ketakutan, gelap dan sejenisnya. 

4. Fabel Fantasi

Fabel merupakan cerita binatang. Jadi fabel fantasi merupakan cerita binatang yang berperan sebagai manusia, bisa juga cerita binatang dalam  legenda atau pun kisah-kisah supranatural.

5. Kisah Peri 
Merupakan cerita fantasi yang mengisahkan kehidupan para peri sebagai makhluk ajaib dan lingkungannya. 

6. Epic 
Bisa dikatakan epic adalah fantasi tingkat tinggi. Cerita yang disajikan bisa merupakan mitos dengan karakter yang dibangun ssecara maju begitu juga dengan jalan ceritanya. Seperti misalnya The Lord of the Rings. 

7. Fantasi Heroik
Adalah genre fantasi yang menceritakan tentang kronik kisah pahlawan di tanah imajinasi.  Ada beberapa karakter dan pesan yang ada di dalam genre ini diantaranya adalah tokoh protagonis yang enggan menjadi juara, keluarga kerajaan yang tidak mengetahui leluhurnya, tokoh memiliki tanggung jawab yang besar dan keberanian mereka diuji melalui berbagai tantangan spiritual maupun fisik. 

8. Legenda 
Merupakan kisah yang dianggap benar-benar terjadi. Dalam cerita ini menghadirkan tokoh masyarakat di suatu tempat  dan alurnya dibumbui dengan fantasi. 

9. Gadis ajaib. 
Kisah fantasi tentang gadis ajaib ini banyak hadir dalam cerita rakyat Jepang. Dalam kisah fantasi ini terdapat unsur ilmu sihir untuk membela kebenaran dan melawan kejahatan.

10. Mitos Fantasi 
Mitos adalah cerita tradisional yang berkembang dalam suatu masyarakat. Cerita yang dikisahkan biasanya terjadi di masa lampau. Yang termasuk dalam jenis cerita ini antara lain mitos tentang Nyi Roro Kidul yang menghadirkan banyak versi cerita siapa sebenarnya Nyi Roro Kidul tersebut. 

11. Science Fantasi 
Ini merupakan cerita fantasi yang banyak mengangkat unsur mistik namun bisa dijelaskan secara ilmiah. Sub genre dari Science fantasi ini antara lain : 

  1. Planet. Mengisahkan petualangan di planet lain. Biasanya manusia bumi dijadikan sebagai tokoh protagonis. Ada kisah tentang kepahlawanan yang banyak dikenal sebagai kisha pedang dan ada juga kisah romantis seperti misalnya "A Princess of Mars". 
  2. Kematian Bumi. Genre ini bercerita tentang akhir dari kehidupan di bumi. Di dalam genre ini banyak diangkat tentang ilmu pengetahuan yang menyebabkan berakhirnya kehidupan bumi seperti misalnya habisnya sumber daya alam dan lain sebagainya.   
12. Shenmo. 
Ini adalah kisah fantasi yang banyak mengisahkan tentang mitos para Dewa dan monter dalam mitologi Cina. 

13. Fantasi Pedang dan ilmu sihir
Merupakan kisah campuran antara cerita fantasi kepahlawanan, petualangan serta ilmu sihir. Tokoh yang dihadirkan adalah manusia dan para pelaku supranatural

Setelah tahu tentang apa  saja jenis-jenis cerita Fantasi , yuk kita mulai bersiap-siap menulis cerita fantasi dengan membaca " LAngkah-langkah Menulis Cerita Fantasi " 

    0 komentar:

    Posting Komentar