Rabu, 31 Juli 2019

7 Hal Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Mata Kering dan Solusinya


Mata adalah jendela dunia, jadi harus terus dipelihara keberadaannya agar kita bisa terus menikmati indahnya dunia. 
Akhir-akhir ini memang suka bertanya-tanya kenapa produktivitas terutama dalam hal menulis menjadi menurun? Bukan soal kehabisan ide menulis, tapi karena mata yang mudah lelah bahkan kalau dipaksakan menjadi pusing.

Setiap kali menatap layar laptop lebih dari 1 jam maka akan terasa sepet, dan akhirnya perih. Kalau sudah begini akhirnya berhenti dan membiarkan ide yang sudah di kepala menguap begitu saja.


Masalah dengan mata dalam pekerjaan tidak hanya sampai di situ saja. Setiap kali harus ada kegiatan di luar rumah suka mikir berkali-kali. Hal pertama yang jadi pertimbangan adalah lokasi kegiatan cukup mudah tidak dijangkau dengan transportasi umum, terutama untuk lokasi yang jauh dari rumah.

Jika mengandalkan ojek motor maka suka gak nyaman dengan debu jalanan. Debu dan asap kendaraan bermotor seringkali membuat mata perih dan berair.  Apalagi  kalau siang hari. Serba salah memang, kalau naik mobil memang bisa meminimalisir polusi asap kendaraan dan debu, tapi kemacetan ibukota bisa memboroskan waktu.

Ini cerita lain lagi masih seputar pengalaman buruk yang menyebabkan masalah dengan mata. Pernah juga suatu ketika datang untuk meeting di kantor instansi pemerintah. Belum ada 10 menit di sana, mata ini terasa perih dan berair. Sulit rasanya membuka mata. Hingga akhirnya dengan terpaksa meminta izin untuk keluar ruangan. Ketika berada di tempat terbuka, rasa perih di mata lama lama menghilang.

Meeting pun akhirnya berpindah tempat karena ternyata bukan hanya saya yang mengalami hal ini, tapi hampir semua yang ada di dalam ruangan tersebut. Ternyata penyebabnya adalah AC yang sudah lebih dari 3 bulan tidak dibersihkan.

Sebagai penulis, membaca itu adalah kewajiban. Jadi dalam sehari setidaknya aku harus membaca selama minimal 1 jam. Baik itu membaca buku maupun membaca dalam format digital melalui smartphone.

Sayangnya semakin hari kemampuan membaca semakin menurun. Apalagi kalau membaca dengan format digital. Baru juga 1/2 jam menatap layar HP mata ini rasanya sudah pegal dan perih.


Semua yang terjadi di atas adalah gejala mata kering. Gejala ini tidak boleh disepelekan karena bisa sangat berbahaya bagi mata kita. Berikut ini adalah 7 hal yang perlu kita ketahui tentang mata kering dan bagaimana mengatasinya

1. Mata Kering itu terjadi karena kurangnya air mata 


Tak hanya mata air, tapi air mata juga bisa kering.

Air mata merupakan zat yang sangat berguna bagi mata kita. Air mata adalah senyawa campuran lemak, air, lendir dan lebih dari 1.500 protein. Dengan adanya air mata maka permukaan mata akan terlindungi dari segala hal dari luar yang mengganggu, baik itu kuman, virus atau benda-benda kecil lainnya. Air mata juga bertugas untuk mengaliri kornea guna memberi nutrisi pada sel kornea.

Pada saat mata kering, ini adalah kondisi di mana mata tidak mendapat pelumasan yang ideal dari air mata. Sehingga mata tidak bisa menghilangkan benda-benda dari luar yang mengganggu mata, seperti debu maupun bakteri. Jika hal ini dibiarkan maka akan mengakibatkan infeksi pada mata.

Berkurangnya air mata bisa disebabkan karena berkurangnya produksi air mata, air mata yang lebih cepat menguap juga komposisi air mata yang tidak seimbang.


2. Beberapa kondisi penyebab berkurangnya air mata yang akhirnya mengakibatkan mata kering 

  • Ketika usia sudah lebih dari 50 tahun maka produksi air mata biasanya akan menurun, begitu juga dengan kemampuan kelopak mata dalam meratakan air mata di seluruh permuakaan mata
  • Pada wanita hamil maupun menopause, maka perubahan hormon akan merangsang berkurangnya produksi air mata. .
  • Penyakit tertentu seperti diabetes, lupus, sindrom sjogren, gangguan hormon tiroid juga bisa menyebabkan produksi air mata berkurang. 
  • Konsumsi obat-obatan tertentu seperti obat hipertensi, obat jerawat, obat terapi pengganti hormon akan menyebabkan berkurangnya produksi air mata.  
  • Cuaca yang buruk seperti angin , asap dan udara kering akan menyebabkan air mata akan lebih cepat menguap  dan mata menjadi kering.
  • Terlalu lama menatap layar komputer, membaca buku dan menatap HP akan membuat mata jarang berkedip hingga akhirnya air mata akan cepat menguap dibanding dengan adanya air mata yang baru.
  • Menggunakan lensa kontak dalam waktu yang lama bisa menyebabkan iritasi mata dan mata menjadi kering. 
  • Terlalu lama di dalam ruangan ber AC atau pemanas sangat mudah menyebabkan mata menjadi kering
  • Penggunaan kosmetik di sekitar mata juga bisa mngakibatkan mata kering
PEnyebab MAta KEring

3. Waspada ketika Mata Sepet, Mata Pegal dan Mata Perih


Ketika mata terasa sepet, pegal dan perih itu adalah gejala mata kering yang perlu diwaspadai. Gejala lain yang mengindikasi mata kering adalah mata merah, mata terasa panas, dan mata menjadi cepat lelah.Penglihatan menjadi buram juga mata terasa seperti berpasir. Seringkali juga kita menjadi sensitif terhadap sinar matahari.Adanya lendir di dalam maupun di sekitar mata juga merupakan salah satu gejala mata kering.


4. Mengucek mata bukan solusi untuk mata pedih dan mata lelah


Ini yang paling sering dilakukakn ketika mata terasa pedih dan lelah. Kita langsung mengucek mata tanpa sadar kalau tangan kita kotor. Apalagi kalau menguceknya di pinggir jalan. Mata yang pedih karena ada debu yang masuk atau udara yang panas dan kering, ditambah dengan tangan yang kita gunakan untuk mengucek kotor, maka akan meningkatkan risiko infeksi pada mata.

5. Jangan sepelekan mata kering karena bisa berakibat komplikasi


Kondisi mata kering yang dibiarkan akan mengakibatkan komplikasi atau penyakit lain pada mata, seperti resiko infeksi, mata merah(konjungtivitis), kerusakan permukaan kornea, luka terbuka pada kornea juga gangguan penglihatan. Selain itu mata kering juga akan membuat aktifitas sehari-hari menjadi terganggu karena rasa yang tidak nyaman.

6. Insto Dry Eyes solusi terbaik untuk mengatasi mata kering 


Untuk mengatasi masalah mata kering, kita bisa menggunakan tetes mata yang membantu sebagai air mata buatan. Pastikan produk yang digunakan bebas pengawet agar aman digunakan dalam jangka waktu yang cukup sering.

Insto Dry Eyes mampu mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata. Tersedia dalam kemasan 7,5 ml yang merupakan larutan isotonik steril insto moist. Di dalamnya terkandung Hidroksi propil metil selulosa 3,0 mg dan Benzalkonium klorida 0,1 mg. Tetes mata Insto Dry eyes ini digunakan 1-2 tetes pada setiap mata kering sebanyak 3 kali sehari atau sesuai anjuran dokter.

Tetes mata Insto Dry eyes adalah barang wajib yang ada di dalam travel pouch. Karena kita gak pernah tahu kapan dan di mana gejala mata kering akan datang.


7. Yang Perlu Dilakukan Untuk Mencegah Mata Kering

Mata kering sebenarnya bisa dicegah dengan kebiasaan kita sehari-hari. seperti :

  • Tidak merokok, karena asap rokok bisa menyebabkan mata kering 
  • Sebisa mungkin menghindari penggunaan riasan pada mata
  • Menjaga kebersihan mata dengan sering membuang kotoran yang menempel pada kelopak mata
  • Mengatur lamanya waktu menatap layar komputer maupun HP. Sebisa mungkin memejamkan mata beberapa saat untuk memberikan waktu istirahat bagi mata ketika sudah lebih dari 1 jam menatap layar komputer maupun HP.
  • Jika diperlukan bisa menggunakan kacamata atau lensa tertentu yang bisa mengurangi cahaya langsung dari layar komputer maupun HP
  • Mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung Omega -3 terutama yang banyak terdapat pada beberapa jenis ikan bisa membantu pencegahan mata kering dari dalam tubuh.
  • Lakukan senam mata secara rutin setidaknya 10 kedipan setiap hari.
  • Sering-seringlah menghirup udara segar dan melihat pemandangan alam seperti sawah, gunung ataupun laut. Walaupun belum ada penelitian yang membuktikan hubungan kesempatan mata dengan melihat pemandangan alam, tapi setidaknya melihat pemandangan lebih baik daripada menatap layar ponsel atau laptop seharian. 
  • Sediakan selalu Insto Dry eyes baik itu di dalam tas yang sering kita bawa pergi maupun di kotak obat-obatan di rumah 

1 komentar:

  1. Mata kering atau lelah memang menyebalkan karena mengganggu aktivitas. Seringnya gue jadi gatal terus ya diucek ucek gitu padahal ga boleh ya ci.

    Eh tanya dong , aku kan pake insto juga tuh tapi habis diteteskan insto kok malah gatal.

    BalasHapus