Senin, 04 April 2016

Jika Aku Tim Nusantara Sehat


Jika aku tim nusantara sehat apa yang akan aku lakukan?

Ini pertanyaan yang mudah dijawab seandainya saja aku adalah tenaga kesehatan. Tapi sayangnya aku bukan tenaga kesehatan. Aku adalah seorang blogger dan penulis buku anak yang bisanya cuma nulis dan bercerita.

Jadi apa yang bisa aku lakukan ? Sebelumnya yuk cari tahu dulu apa itu Nusantara Sehat.

Sekilas Tentang Nusantara Sehat 

Nusatara Sehat adalah sebuah program yang dilakukan oleh Kementrian Kesehatana RI (Kemenkes) sebagai sebuah upaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan baik itu preventif, promotif maupun kuratif. Dalam satu tim Nusantara Sehat berangotakan 5-9 tenaga kesehatan terdiri dari :
  1. Dokter 
  2. Dokter Gigi 
  3. Perawat 
  4. Bidan 
  5. Tenaga kesehatan masyarakat 
  6. Tenaga kesehatan lingkungan 
  7. Ahli laboratorium medik 
  8. Tenaga gizi 
  9. Tenaga kefarmasian 
Tim kesehatan ini akan ditempatkan di pelosok Nusantara terutama di daerah terpencil guna memperkuat kesehatan di daerah tersebut. Tim Nusantara Sehat ini diharapkan bisa memperkuat akses pelayanan kesehatan di daerah terpencil. Program Nusantara Sehat sendiri sebenarnya adalah salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes untuk mendukung kebijakan periode 2015 – 2019 yaitu penguatan Pelayanan Kesehatan Primer.

Kebijakan ini diambil berdasarkan masalah kesehatan yang mendesak diantaranya :
  1. Angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi 
  2. Angka gizi buruk 
  3. Angka harapan hidup yang masih sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. 
Selain untuk mendukung kebijakan Kemenkes, program nusantara sehat ini juga dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) serta Kartu Indonesia Sehat. Kedua program ini bertujuan untuk menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Penguatan pelayanan kesehatan primer berfungsi untuk :
  1. Memberikan pelayanan kesehatan 
  2. Melakukan upaya preventif melalui : 
  • Pendidikan kesehatan 
  • Konseling
  • Skrinning (penapisan) 
Penempatan Tim Nusantara Sehat dilakukan pertama kali pada tahu 2014 sebagai uji coba. Tim Nusantara Sehat ini ditempatkan di 4 Puskesmas pada 4 kabupaten di 4 Propinsi yaitu :
  1. Sumatra Utara 
  2. Kalimanta Barat 
  3. Maluku 
  4. Papua. 
Tim Nusantara Sehat tahap uji coba ini terbukti mampu meningkatkan kunjungan masyarakat ke Puskesmas juga Upaya Kesehatan Masyarakat. Kemudian dilanjutkan dengan penempatan Tim Nusantara Sehat pada tahun 2015:
  • Periode I pada Mei sebanyak 142 orang di 20 Puskesmas 
  • Periode II pada Desember sebanyak 552 orang di 100 Puskesmas. 
Sedangkan pada tahun 2016 ini, akan ditargetkan untuk rencana penempatan Tim Nusantara Sehat di Puskesmas :
  • Periode I pada Mei sebanyak 630 orang di 70 Puskesmas 
  • Periode II pada Oktober sebanyak 540 orang di 60 Puskesmas. 
Peserta Tim Nusantara Sehat merupakan tenaga professional bidang kesehatan yang bersedia mengabdikan dirinya untuk memberi pelayanan kesehatan kepada masyarakat sesuai kebutuhan. Kalau dari segi usia ada persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon anggota Tim Nusatara Sehat adalah :
  • Maksimal 35 tahun untuk dokter dan dokter gigi. 
  • Maksimal 30 tahun untuk perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, tenaga ahli teknologi laboratorium medic, tenaga gizi dan tenaga kefarmasian. 
Kalau mau ikutan jadi Tim Nusantara Sehat harus daftar dulu melalui situs resmi Nusantara sehat yaitu www.nusantarasehat.kemkes.go.id. Nantinya akan diselksi adminidtrasi dan psikologi yang mencakup test pskilogi, FGD dan wawancara.

Peserta yang lolos akan bertugas selama dua tahun. Seluruh peserta nantinya akan dibekali dengan :
  1. Materi bela Negara 
  2. Keahlian medis dan non medis 
  3. Pengetahuan tentang program-program kesehatan yang dilaksanakan oleh kementrian kesehatan 
  4. Pemahaman budaya-budaya lokal agar bisa berinteraksi dengan petugas kesehatan dan masyrakat setempat. 

Kalau Aku jadi Tim Nusantara Sehat 

Sekarang sudah tahu kan apa itu Tim Nusantara Sehat. Nah seandainya saja aku adalah tenaga kesehatan (apapun itu, baik dokter, ahli kesehatan dll) dan ikut dalam tim Nusantara Sehat, maka yang akan aku lakukan adalah :

1. Melakukan pendekatan pada masyarakat setempat

Dengan bantuan tenaga kesehatan setempat tentunya. Pendekatan ini penting karena kalau pepatah bilang, “tak kenal maka tak sayang.” Jadi kalau kita sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat setempat, maka mereka juga akan sayang dengan kita. Kalau sudah begitu apapun yang ingin kita sampaikan pasti akan diterima dengan baik. Beda halnya kalau kita tidak mengenal dengan baik masyarakat setempat, maka sebaik apapun yang akan kita sampaikan tidak akan pernah diterima oleh mereka.

2. Mengajak masyarakat setempat untuk hidup bersih dan sehat.

Mencegah itu tetap lebih baik dari mengobati. Jadi kalau masyarakat bisa hidup sehat menjaga kesehatannya dengan baik, maka angka harapan hidup pun akan meningkat. Dengan demikian tujuan untuk mendapatkan masyrakta yang sehat dan mandiri pun bisa tercapai. 

3. Melayani dengan hati.

Apapun itu jenis pekerjaan yang kita pilih, jika dilakukan dengan sepenuh hati maka akan membawa kebaikan pada banyak orang. Bekerja bukan hanya soal mendapatkan uang atau soal berapa upah yang akan kita dapat. Tapi bekerja adalah soal seberapa banyak orang yang bisa mengambil manfaat dari pekerjan kita tersebut. Kembali lagi ya pada kenyataannya bahwa aku bukanlah tenaga kesehatan.

Jadi apa yang bisa aku lakukan jika suatu saat nanti bisa aku bisa bergabung dengan Tim Nusantara Sehat sesuai dengan profesiku sebagai penulis?

1. Aku akan menuliskan cerita inspiratif dari para tenaga kesehatan yang bertugas dalam Tim Nusantara sehat.

Karena aku seorang blogger maka kisah-kisah mereka bisa aku tampilkan dalam blog pribadiku. Karena aku juga seorang penulis buku maka kisah-kisah inspirtif ini juga bisa aku bukukan dan diterbitkan oleh penerbit mayor. Bukankah kisah inspiratif selalu mendapat sambutan baik di masyarakat sehingga penerbit manapun akan mau menerbitkannya karena dibutuhkan oleh banyak orang sehingga penjualannya bisa tinggi. Kisah dari para tenaga kesehatan ini akan bisa mengisnpirasi tenaga kesehatan lainnya untuk berbuat lebih baik lagi pada kesehatan di Indonesia.

2. Aku akan menuliskan cerita anak-anak di mana Tim Nusantara Sehat ditugaskan.

Karena aku adalah penulis buku anak, maka cerita anak-aak di daerah terpencil layak untuk diangkat menjadi kumpulan cerita atau pun novel. Saat ini masih sedikit sekali cerita anak yang mengangkat kisah anak-anak di daerah terpencil. Di dalam cerita anak ini tentu saja akan disisipkan inspirasi hidup sehat dan pelayanan kesehatan pada anak-anak di daerah tempat Tim Nusantara Sehat bertugas. Jadi cerita anak ini diharapkan bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat Indonesia untuk mendukung Tim Nusantara Sehat maupun meningkatkan kualitas kesehatan di daerahnya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar