Jumat, 30 Agustus 2019

Toyota Yaris Seru Buat Di Jalan Juga Untuk Balapan


Acara Viva Talk Life kali ini sangat menarik karena mengulas soal dunia balap. Dimana ulasan seperti ini jarang banget dilirik oleh media massa di Indonesia.

Hari Minggu siang sebelum jam 12 siang, 50 blogger sudah mulai berdatangan di Restoran Cerita Rasa yang berada di Jalan Ampera Raya Kemang Jakarta Selatan. Kali ini para blogger akan seru-seruan bareng Viva.co.id dalam acara Viva Talk Live dengan tema Unleash Your Fun.

Acaranya outdoor jadi santai banget 

Blogger yang datang bukan cuma dari Jabodetabek, bahkan ada yang dari Garut. Ini menandakan bahwa acara yang digelar oleh Viva.co.id sebagai Newstainment no 1 di Indonesia masih sangat diminati oleh para blogger sejak dulu sampai sekarang.

MC dan dua nara sumber, Demas & Dimas 

Nara sumber yang dihadirkan tentu saja adalah orang-orang yang kompeten di bidangnya. Kali ini hadir sebagai narasumber yaitu Dimas Aska yang merupakan Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor. Selain itu ada juga Demas Agil, seorang pembalap yang didukung Toyota Team Indonesia.

Acara semakin seru dengan iringan musik dan juga games-games menarik. Ada juga lomba live Instagram yang memilih pemenang dengan foto-foto terbaik selama acara berlangsung.

Games yang seru untuk blogger

Kata Dimas Aska tentang Toyota Yaris


Dimas Aska banyak menjelaskan tentang Yaris yang diproduksi di Indonesia.

Toyota All New Yaris, bisa jadi merupakan mobil yang cukup beruntung karena bisa masuk ke dunia balap serta memimpin kejuaraan Nasional dan Internasional. 

Yaris memang dibuat sesuai kebutuhan jalanan. Di Indonesia, Yaris dibuat oleh anak bangsa di Karawang. Diproduksi dengan menyesuaikan kondisi kontur jalan Indonesia. Oleh karena itulah maka Yaris di Indonesia berbeda dengan Yaris di Eropa dan Amerika.

Yaris bisa jadi venture drive berkat dukungan Toyota ke industri balap tanah air. Toyota All New Yaris memang bukan mobil kelas berat yang juga tidak cukup besar untuk balapan. Tapi, kini telah banyak berpartisipasi dalam kejuaraan seperti Japan Super Touring Car (JSTC) Championship, GT Radial Drift Team, Gymkhana atau pun Slalom.

Dimas Azka Head of Media Relation PT Toyota Astra Motor.

Pihak Toyota sendiri terus melihat perkembangan sport otomotif di Tanah Air. Sehingga, bukan hanya membuat sebuah mobil, tetapi juga turut membantu mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

Ada suatu pilar yang dipahami, namanya Kaizen. Maknanya adalah sebuah sistem perbaikan terus menerus pada kualitas, teknologi, proses, budaya perusahaan, produktivitas, keselamatan dan kepemimpinan. Kaizen dilakukan dengan perangkat kendali mutu yang dikenal dengan nama  Quality Control Circle (QCC) dengan menggunakan 8 step dan tools.

Jadi seperti Demas Agil yang merupakan salah satu pembalap yang didukung oleh Toyota,  tugasnya bukan hanya balapan. Tetapi juga bisa memberikan masukan,  Yaris ini mau diapakan lagi, agar bisa terlihat keren juga fun to drive.

Sekarang tidak sedikit masyarakat Indonesia yang sudah 'melek' terhadap industri balap. Apa lagi mulai bermunculannya pembalap-pembalap belia yang mempengaruhi generasi muda Indonesia untuk 'melek' terhadap industri balap. Seperti Haridarma Manoppo, Mirza Putra Utama dan lain-lain.

Tak hanya untuk berkompetisi di lintasan aspal sirkuit, Yaris juga menjadi kendaraan yang bisa untuk menemani aktifitas hariannya Demas Agil. Mobil tanpa buntut itu adalah mobil yang menyenangkan.

Toyota All New Yaris ini termasuk mobil yang irit bahan bakar. Meskipun begitu tenaga mesinnya juga mumpuni dipakai di jalan raya. Jadi untuk harian dengan spesifikasi standar, menyenangkan, sedangkan untuk balapan juga tetap menyenangkan. Tetapi bukan berarti mobilnya enak, terus bisa dipakai ngebut di djalan raya. Jangan begitu!

Kata Demas Agil tentang Toyota Yaris


Sebagai pembalap, Demas Agil lebih banyak bercerita pengalamannya dalam menggunakan Toyota Yaris baik untuk balapan maupun untuk kesehariannya.

Mobil Toyota Yaris itu awet, bandel, irit bahan bakar dan asik dibawa balapan. 

Yaris dikenal sebagai city car-nya anak muda. Akan tetapi  Toyota Yaris ini juga bisa menjadi kendaraan yang seru untuk memacu adrenalin. Asalkan ini dilakukan di sirkuit balap resmi alias bukan balap liar di jalanan.

Ketika berada di belakang kemudia, apalagi di arena balap, maka diperlukan ketenangan agar tetap fokus. Saat yang paling crusial ketika menghadapi balapan adalah saat lima detik sebelum bendera start dikibarkan. Namun jika telah melewati fase tersebut dengan baik maka akan merasa nyaman saat memacu kendaraan.

Demas Agil, pembalap yang didukung Toyota Team Indonesia.

Dimas juga bercerita saat ketika berebut untuk meraih gelar juara nasional,. Yang paling seru adalah ketika diakhir musim balap dan harus berkejaran point dengan para pembalap nasional. Saat ini di perlukan mental juara juga strategi yang tepat. Kunci utamanya adalah pemilihan konfigurasi mobil yang jitu sehingga bisa mendapatkan hasil maksimal. Untuk turun di trek balap, bukan hanya butuh mobil yang kencang, tetapi juga nyaman digunakan. Hal ini akan mendukung pembalap agar bisa meraih kemenangan. 

Mobil untuk balapan itu harus nyaman, karena kan kecepatan tinggi, kalau enggak nyaman, pembalap akan merasa takut. Kalau Yaris ini nyaman, jadi kita berani.

Industri balap tanah air memang jarang terdengar oleh masyarakat. Namun industri balap di Indonesia tidak pernah mati. Alhamdulillah pengalaman di dunia balap selama kurang lebih 6 tahun, bersama Toyota Team Indonesia (TTI) telah berhasil menjadi penakluk sirkuit menggunakan mobil Toyota All New Yaris. Selama ini telah banyak memenangkan kejuaraan di dalam dan luar negeri. Terakhir memenangkan kejuaraan Motorsport di Sentul, Bogor.

Mengenal lebih dekat Demas Agil


Nama lengkapnya Demas Agil Ramadani, merupakan salah satu pembalap muda Indonesia andalan Toyota Team Indonesia (TTI). Lahir di Jakarta, pada 23 Maret 1992. Putera mantan pembalap Agus Djhonsyah.

Sudah berkarir di dunia balap Indonesia selama 6 Tahun. Mengawali karier balapnya saat memacu gokart  pada tahun 2004 di usia yang masih belia. Tapi sempat terhenti karena mengalami kecelakaan dan patah tangan. Sejak itu, ibunya melarang ikut balapan. Hingga akhirnya saat SMA, mulai diperbolehkan kembali balapan dengan syarat nilai sekolah tidak turun, dan balapannya di sirkuit yang aman.


Akan tetapi Demas Agil tidak langsung berada di posisi saat ini dan menjadi juara nasional. Ada tahap-tahap yang di laluinya. Ada kalanya kalah saat balapan dan  sering pula memenangkan kejuaran. "Semua butuh proses yang semestinya harus dinikmati dan di jalani." Begitu keyakinan Demas Agil

Sebelum menjadi pembalap di Toyota Team Indonesia,  Demas juga pernah mengikuti tiga cabang balap yang berbeda yaitu, Gymkhana, Touring dan Drifting. Dari ketiganya Demas sudah kerap kali menjadi juara.

Pada balapan seri perdana ajang Indonesian Sentul Series of Motorsport (ISSOM) kelas Indonesia Touring Car Championship (ITCC) 1.600 Max, Demas Agil berhasil menjadi juara pertama. Ia pernah juga memenangkan podium ke 2 dalam ajang Japan Super Touring Car menggunakan Toyota Yaris baru-baru ini.

Dari Sesi Tanya Jawab Peserta dan Narasumber


Setelah kedua nara sumber memberikan banyak informasi tentang Toyota Yaris, maka dibuka pula kesempatan bagi para Blogger untuk bertanya. Kali ini ada dua pertanyaan dari Blogger yang dijawab dengan baik oleh Dimas Aska maupun Demas Agil. Keduanya menjawab dari sudut pandang dan pengalaman masing-masing dalam mengenal Toyota Yaris.

Tanya (Nur Terbit)


  1. Toyota Yaris yang digunakan untuk balapan, apakah mempengaruhi ban?
  2. Bagaimana kemampuan Toyota Yaris ketika menemui medan tanjakan di luar kota?


Jawaban

(Demas )

  1. Secara garis besar gaya gesek jalanan tentu saja akan membuat ban cepat aus. Tapi ketika kita dapat bekerja maksimal dan setingan dalam berkendara bagus, maka Yaris tidak terlalu susah untuk dikendalikan sehingga tetap nyaman.
  2. Saya pernah ke daerah dataran tinggi Tuban dan mudah saja dengan mengendarai mobil Yaris.

(Dimas)
Yaris dilengkapi berbagai macam fitur. Karena segmen utamanya anak muda, maka kami banyak melengkapi difitur keselamatan. Salah satunya adalah dengan adanya Vehicle Stability Control System yang memudahkan pengemudi saat belok dan menanjak agar tetap stabil.

Tanya (Siti Rabiah)

Apakah Toyota Yaris punya kelebihan tersendiri untuk dijadikan sebagai mobil balap?


Jawaban

(Dimas)
Sebuah mobil diciptakan sesuai kebutuhan penggunanya. Untuk men-develope mobil, kita harus tahu area mana yang akan dilewati. Toyota All New Yaris sudah cukup beruntung dan berpengalaman dalam ajang balapan. Tidak hanya Yaris, Toyota Agya juga sudah pernah memenangkan kejuaraan. Toyota Fortuner pernah ikut balap ketahanan Nurburgring 24 Jam di Jerman.

(Demas)
Dulu mobil yang besar dan berat itu nyaman untuk balapan. Tapi, sekarang kita melihat teknologi mobil dengan cc kecil pun bisa mengeluarkan kecepatan yang tinggi. Industri Motorsport kini menjadi trend pemuda Milenial dan pastinya padat modal. Oleh karena itu harus dikelola secara profesional agar mampu menciptakan kreatifitas.

Pengalaman memacu adrenalin di sirkuit bagi seorang pembalap adalah 5 detik sebelum start. Yakin dan Fokus adalah kunci dalam menghadapi hal crusial ini. Untuk menjadi seorang pembalap jangan punya perut buncit ya, soalnya gak nyaman saat menggunakan sabuk pengaman. Apalagi kalo pas menang gak enak di foto sama kamera, kurang keren kan.

Fitur Unggulan Toyota Yaris


Toyota All New Yaris memiliki tagline "Powered by Excitement".

Toyota All New Yaris  menyasar pasaran anak muda. Mobil ini nyaman dan aman digunakan untuk aktivitas sehari-hari karena dilengkapi dengan fitur keamanan yang lengkap. Tampilan eksterior dan interior mobil yang modis dan keren. Harga dari mobil Toyota Yaris ini ada di kisaran harga Rp 238 Juta-an sampai Rp278,85 juta. Sangat irit bahan bakar, tetapi performa tetap mumpuni.

Interior

  • Terdapat entertainment system yang tak kalah canggih. Terdiri dari HD Display, DVD, Radio FM/AM, USB, AUX, Bluetooth (audio dan phone). 
  • Kabinnya, dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal bagi semua penumpang.
  • Guna memberikan pengalaman berbeda, setir New Yaris memiliki desain baru, khusus untuk grade TRD Sportivo dilengkapi dengan switch pada kedua sisi-nya.
  • Ada alarm peringatan seat belt jadi penumpang yang duduk di depan maupun pengemudi akan selalu memakai seat belt selama perjalanan.
  • Start & stop tinggal klik button jadi gak perlu pakai kunci lagi.
  • Tombol pengatur AC  lebih mudah dalam pengoperasian.


Eksterior


  • Dynamic Headlamps with TRD Red Ring Accent
  • Energetic New 16″ Alloy Wheel
  • Fun TRD Rear Roof Spoiler. 
  • LED Daytime Running Light (DRL)
  • Integrated LED Rear Combination Lamp
  • Bold Front Bumper
  • Sporty Rear Bumper
  • Pada bagian belakang bodi Yaris terdapat sirip yang terpasang, terlihat lebih sporty dan juga keren. Sirip di bagian belakang ini mempunyai fungsi sebagai penangkap sinyal dan gelombang radio.
  • Warna yang modis dan selalu jadi incaran kawula muda, seperti silver metalic, white, red mica metalic, attitude black mika, grey metalic, orange metalic, citrus mica. 

Warna-warna pilihan Toyota Yaris 

Fitur Keselamatan 

Toyota Yaris terbaru, dibekali dengan beberapa fitur canggih dan handal untuk menjamin keamanan berkendara, diantaranya:
  • Vehicle Stability Control (VSC) untuk menstabilkan kendaraan pada posisi menikung
  • Fungsi pengereman akan menjadi optimal karena dilengkapi dengan Anti-lock Breaking System (ABS), Brake Assist (BA) dan juga Electronic Brake Distribution (EDB).
  • Terdapat tujuh kantung udara atau air bag yang melindungi pengemudi dan juga penumpang jika terjadi kecelakaan. Ketujuh air bag ini mengelilingi mobil, melindungi pengemudi maupun seluruh penumpang.
  • Fitur Hill Start Assist (HSA) pada Toyota Yaris, yang berguna saat mobil berada di tanjakan curam. Jadi, saat berhenti dan hendak melaju kembali, posisi mobil tidak akan merosot turun, karena ditahan oleh fitur yang satu ini.

Mesin

  • 2NR-FE berkapasitas 1.496 cc DOHC Dual VVT-i 4 silinder segaris dengan 16 katup DOHC, yang sanggup menghasilkan tenaga 107 dk dan torsi 14,3 kgm atau setara 140 Nm.
  • Konsumen diberikan pilihan transmisi manual lima percepatan maupun otomatis CVT yang bisa disesuaikan dengan kebutuhannya.

Toyota Yaris untuk balapan 


Toyota Yaris yang dipakai oleh Demas Agil untuk Balapan

Toyota All New Yaris Tampil lebih sporty ketika dipakai balapan.

Toyota Yaris besutan Toyota Team Indonesia (TTI) berhasil meraih podium kelas production max 1.600 (P2) dalam Japan Super Touring Car (JSTC) Championship. Toyota Yaris juga berhasil meraih prestasi membanggakan dalam kancah perlombaan dunia FIA World Rally Championship (WRC) yang berlangsung di Finlandia. Ini adalah kemenangan ketiga kalinya bagi tim Toyota Yaris WRC setelah berhasil memenangkan seri yang sama pada tahun 2017 dan 2018 secara berturut-turut.


Toyota Yaris yang dipakai oleh Demas Agil dalam balapan ini memiliki perpaduan warna merah putih hitam sehingga terlihat keren sekali. Mobil ini mempunyai kemampuan terbaik di lintas balapan.Terbukti telah berada di posisi terdepan ketika di ajang Toyota Gazoo Racing di sirkuit Fuji. Dalam balapan ini digunakan spesifikasi mobil relatif standar, sama seperti yang dipasarkan pada umumnya dengan modifikasi yang standart pula.

Pelek ban berwarna metalik dengan material  forged ukuran 15 inch membuat Yaris terlihat gahar, sebagai mobil balap. Toyota Yaris yang digunakan untuk balapan ini hanya memiliki satu kursi untuk pengemudi. Ruang di dalam mobil terlihat kosong. Nampaknya untuk keperluan balapan semua aksesoris di lepas agar bobotnya lebih ringan dan mudah melaju di lintasan balap.

Ini bagian exterior maupun interior Yaris yang dipakai oleh Demas Agil untuk balapan


Sejarah Toyota Yaris


Masih ingat Toyota Starlet di era 80an dan 90an? Mobil mirip sedan tanpa buntut atau yang disebut mobil jenis hatchback ini sangat  populer di kalangan anak muda saat itu. 


Nah, Starlet ini adalah leluhur Toyota Yaris. Starlet di pasarkan dalam varian  1.0 XL, 1.3 SE dan juga 1.3 SE-G.Dari tampilan luarnya, mobil  hatchback ini mirip dengan sedan. Perbedaan mencolok biasanya ada di bagian belakang, karena bagasi mobil jenis hatchback  ini tidak sepanjang sedan. Sayangnya di tahun 1999 Toyota Starlet di hentikan produksinya dan digantikan oleh Toyota Yaris.

Setelah setahun di luncurkan, yaitu pada tahun 2000, Toyota Yaris meraih penghargaan prestisius yaitu European Car of The Year. Pada Februari 2006, Yaris diboyong secara utuh dari Thailand untuk kembali membidik pasar anak muda Indonesia. Ditahun 2008, yaitu setelah 2 tahun berjalan, Yaris mendapat tambahan varian TRD Sportivo dengan tampilan yang lebih sporty.

Pada 2009, mobil ini mengalami perubahan minor, di bagian eksterior dan penyegaran di bagian kabinnya.Pada 2010, Yaris mengalami penyegaran pada TRD Sportivo menjadi versi 2. Setahun kemudian, yaitu di tahun 2011 diberi penambahan fitur back sonar.

Tahun 2013,  Yaris mengalami berbagai perubahan untuk menjadikan  tampilannya makin moderen dan segar. Pada Maret 2014, Toyota Astra Motor meluncurkan Yaris generasi terbaru dengan desain yang sama sekali baru. Yaitu dengan mengedepankan ‘Advanced fascinating true Hatchback’. Generasi baru ini  sudah diproduksi lokal oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia, jadi bukan lagi barang impor.

Di penghujung tahun 2016, diluncurkan New Yaris dengan tampilan Stylish & Fun. Pada varian TRD Sportivo disematkan warna merah untuk menambah kesan sporty. Di saat yang sama, diluncurkan juga model Yaris Heykers, dengan tema Urban Adventure. Yaris ini memiliki desain berbeda dari model standarnya.

Model yang saat ini dijual oleh Toyota Astra Motor, adalah Yaris yang diluncurkan di tahun 2018. Desainnya terlihat semakin bergaya, tapi tidak meninggalkan kesan sporty.  Selain itu desainnya juga agresif sehingga cocok dengan anak-anak muda.

Mobil Toyota Yaris sudah dikenal oleh kaum muda dan penggemar otomotif Indonesia. Selain nyaman dipakai dalam kondisi standar, Yaris juga bisa dioprek menjadi mobil yang larinya kencang ketika dipakai untuk melahap trek aspal. Karena alasan inilah maka  tim balap Toyota Team Indonesia, memasukan Yaris dalam jajaran kendaraan untuk berkompetisi di berbagai ajang olahraga otomotif Tanah Air. Disamping itu Yaris merupakan kendaraan yang kompak dan tangguh untuk menjelajahi jalanan ibu kota yang terkenal dengan kemacetannya.

Sampai jumpa di Viva Talk Life berikutnya 


4 komentar:

  1. Toyota Yaris mobil city car idaman keluarga

    BalasHapus
  2. Keren ya Toyota Yaris. Kecil tapi lincah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya enak kalau buat menembus kemacetan atau jalan di jalanan Jakarta yang sempit

      Hapus