Kamis, 24 Maret 2016

Pendidikan Yang Baik Berawal dari Guru Yang Baik


Aku ibu dua anak yang sudah menginjak dewasa. Tapi sejak anakku Tk gak pernah memasukkan anakku ke Bimbingan Belajar (Bimbel). Toh nyatanya anakku grafik prestasinya trus meningkat dari yang gak pernah ranking di SD dan menjadi ranking 1 ketika di SMK. Bukan karena irit apalagi pelit, tapi buatku memasukkan anak ke bimbel itu sama saja dengan memperkosa otak anak.

Bukankah anak juga manusia yang bebas menentukan keinginanya? Bukankah anak-anak perlu waktu bermain di usianya? Bukankah kehidupan anak-anak bukan hanya untuk akademis saja? Bukankah anak-anak sudah cukup  lelah dengan belajar di sekolah? Bukankah tolak ukur prestasi anak bukan hanya soal ranking dan nilai-nilai saja? Dan masih banyak lagi bukankah yang lainnya ... yang kalau aku lanjutkan postingan ini akan penuh dengan kata bukankah .

Dari pengalaman membesarkan dua anak yang bersekolah di sekolah negeri sejak SD, maka aku menyimpulkan bahwa sebenarnya pendidikan yang baik itu berasal dari guru yang baik. Bisa saja guru yang baik itu justru emaknya sendiri yang juga mengajari mereka belajar setiap hari. Memang sekolah swasta yang mahal itu bisa jadi punya segala fasilitas yang bisa mendukung kegiatan belajar mengajar. Toh nyatanya dengan guru yang sebaik bu Muslimah di sekolah sederhana Gantong itu bisa menghasilkan murid sehebat Andrea Hirata.


Di jaman yang serba digital ini, segala hal bisa dipermudah dengan bantuan gadget dan sejenisya. Begitu juga dengan belajar. Bisa saja seorang murid kesulitan mendapatkan guru yang baik di sekolahnya karena memang kalau di sekolah kita tidak bisa memilih guru. Ketidak cocokan pada guru bisa membuat anak malas belajar dan malas sekolah. Kalau sudah begini, bantuan orang tua dalam belajar anak di rumah sangat diperlukan.

Tapi pada kenyataannya orang tua pun sibuk. Mau bertanya atau minta bantuan kakak juga kemungkinannya kecil karena si kakak bisa saja sibuk sendiri dengan sekolahnya.Kalau sudah begini biasanya bimbingan belajar akan jadi pilihan. Hanya saja, pergi ke bimbingan belajar memerluka waktu tambahan untuk perjalanannya. Bayangkan, betapa lelahnya anak setelah seharian belajar di sekolah kemudian harus pergi ke tempat bimbingan belajar.


Di tempat bimbingan belajar pun belum tentu anak-anak mendapat pencerahan ataupun guru yang baik. Karena kebutuhan dan karakter setiap anak berbeda. Kalau mendatangkan guru privat ke rumah tentu harganya akan lebih mahal. Tapi sekarang ada kok guru privat yang bisa memberikan pelajaran tambahan kapan saja dan di mana saja tapi dengan harga yang cukup murah kalau kita menghitungnya dengan seksama.

Coba datang ke situs ruangguru.com dan anak kita bisa mendapatkan guru privat yang sesuai. Ada kelas coba, di mana anak kita bisa mencoba belajar gratis di sana dan mendapatkan guru yang sesuai. Tentu saja guru privat yang ada di situs ruangguru.com ini sudah diseleksi dengan tes khusus yang diadakan oleh ruangguru.com. Begitu juga dengan riwayat mengajar guru yang ada di ruangguru.com ini juga didaftar dengan baik.


Situs ruangguru.com ini pertama kali dirilis pada April 2014 dan merupakan startup penyedia layanan pendidikan berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Jadi di rungguru.com ini kita tidak hanya bisa mendapatkan jasa guru privat untuk bidang akademis saja, tapi juga ada guru privat bidang vokasional seperti musik dll.

Dari segi kualitas, situs ruangguru.com ini tidak perlu dirgukan lagi. Dalam usia yang belum begitu lama ini rungguru.com sudah meraih berbagai penghargaan dalam negeri dan manca negara diantaranya :
  1. Situs pendidikan terbaik di Indonesia dalam Bubu Awards 2015
  2. Honorable Mention for Best Education Startup dalam KAIZEN 2016 di Dubai.
  3. Marketplace terbesar di Indonesia yang menghubungkan murid dengan 27 ribu guru. 

Di ruangguru.com ini anak-anak kita bisa mengakses ribuan bank soal secara gratis termasuk soal untuk persiapan ujian semester, ujian nasional juga ujian masuk perguruan tinggi negeri. Saat ini ruang guru sedang menjalin kerjasama dengan pemerintah pusat maupun daerah untuk mendukung kegiatan belajar mengajar sehari-hari, pemetaan pendidikan di Indonesia serta peningkatan kompetensi guru. 

Saat ini ruangguru.com juga telah merilis aplikasi Ruangguru yang bisa diunduh di Google Play Store dengan Android minimal Jellybean. Melalui aplikasi ini maka murid bisa mengunggah foto soal yang dingin ditanyakan pada guru . Selain itu murid juga bisa terhubung langsung dengan guru pelajaran yang diinginkan. Komunikasi bisa dilakukan dengan chat maupun video call. Dan yang penting komunikasi mereka semua tersimpan dengan baik oleh ruangguru.com. Jadi jika ada percakapan yang menyimpang bisa segera dilakukan tindakan. Oh ya, aplikasi ruangguru ini gratis sampai dengan tanggal 15.


Saat ini aplikasi Ruangguru masih proses beta atau tahap penyempurnaan. Namun menariknya sudah menyediakan 4 pilihan mata pelajaran, yaitu Matematika, Bahasa Inggris, Fisika dan Kimia. Katanya sih, inginnya nanti berfungsi selama 24 jam, namun untuk sekarang jam operasionalnya dari jam 06.00 - 22.00 WIB.

0 komentar:

Posting Komentar