Minggu, 07 Juni 2015

Jadwal Nulis Ibu Rumah Tangga

Siapa bilang kalau ibu rumah tangga itu gak punya banyak waktu untuk menulis. Diantara rutinitas mengurus anak, merapikan rumah dan masak ternyata masih banyak waktu lho yang bisa digunakan untuk menulis. Apalagi kalau anak-anak sudah berusia di atas lima tahun. 

Jika si ibu bangun pagi hari, maka hanya perlu waktu tidak lebih dari 30 menit untuk menyiapkan sarapan pagi. Setelah anak-anak berangkat sekolah si ibu masih bisa merapikan rumh sekaligus mencuci dan menyetrika pakaian. Ini hanya memerlukan waktu antara 1-2 jam. Setelah itu masih bisa ke pasar dan menyiapkan bahan untuk dimasak nanti siang. Ini memakan waktu sekitar 1 jam. 

Misalnya saja si ibu bangun pada pukul 4.30 pagi. Maka semua rutinitas itu akan selesai pada jam 8 -9 pagi. Kegiatan mengurus rumah akan dimulai lagi pada jam 12 siang untuk menyiapkan makan siang dengan waktu memasak tidak lebih dari 30 menit karena bahan masakan sudah disiapkan pagi tadi. Jadi ada waktu luang sekitar 4 jam. Nah kalau kita menulis dan melakukan riset sekaligus, maka kita bisa lho mendapatkan sekurang-kurangnya 5-6  halaman A4. Yang berarti 1 cerita pendek untuk dikirim ke majalah. 

Kalau kita terbiasa menulis maka akan bisa menulis dengan cepat. Ini bisa menghasilkan sekurang-kurangnya 1 bab buku dengan jumlah halaman 5-8 halaman. NAh kalau kita ingin membuat novel dengan ketebalan 120 halaman, maka dengan waktu 4 jam yang ada ini kita bisa menulis dalam jangka waktu (120/8 =) 15 hari. 

Kalau kita seorang blogger, maka dengan waktu 4 jam tersebut bisa dihasilkan sekurang-kurangnya 4 postingan, dengan hitungan 1 jam untuk 1 postingan. NAh kalau 1 bulan berarti kita sudah bisa membuat (4 X 20 hari ) = 80 postingan. 

Itu kalau kita hanya memanfaatkan waktu luang di siang hari saja. Hari sabtu dan minggu si ibu masih bisa menikmati hari libur bersama keluarga. Sisa waktu masih bisa digunakan untuk kegiatan bersama anak-anak seperti nonton TV bareng, masak bareng ataupun ngobrol seputar kegiatan sehari-hari. Jadi masih banyak waktu menulis bukan? Walaupun ada banyak kesibukan sebagai ibu rumah tangga. 

0 komentar:

Posting Komentar