Selasa, 26 November 2013

Kriya dari Kulit Telur

Kulit Telur 
Adakah yang tidak suka telur? Pasti hanya sedikit orang yang akan menjawab tidak suka . 

Tentu saja, ini karena telur adalah salah satu sumber protein yang harganya lebih murah dibanding dnegan ikan atau ayam. Selain itu telur juga mudah diolah. Dijadikan telur dadar, telur ceplok sangat praktis sebagai lauk pendamping nasi. 


Telur juga banyak dipakai oleh pedagang martabak, industri roti rumahan ataupun rumah makan. Jadi bisa dibayangkan betapa banyaknya kulit telur yang terbuang. Tahukah kalian kalau kulit telur sangat sulit diurai oleh tanah? Jadi bisa dibilang kulit telur adalah limbah yang seharusnya kita manfaatkan, bukan dibuang. 


Mangkuk dari kult telur 
Lalu dijadikan apa saja kulit telur yang ada? Ada yang melukis kulit telur hingga menjadi hiasan yang unik. Kulit telur yang dilukis biasanya adalah kulit telur yang masih utuh. Artinya hanya bagian ada bagian kecil saja yang terkelupas guna mengeluarkan isi telur di dalamnya. 
Bros dari Kulit Telur 
Biasanya kalau sudah diolah, kulit telur yang tersisa adalah kulit telur yang tidak utuh lagi. Jadi tidak bisa digunakan sebagai telur lukis dong? 

Tenang saja. Kita masih bisa menggunakannya sebagai bahan baku kriya yang cantik kok. Justru teknik yang dipakai nantinya adalah membuat retakan yang banyak pada kulit telur. Retakan ini akan menjadi motif yang bisa mempercantik kriya yang kita buat. 

Kalung dari kulit telur 



0 komentar:

Posting Komentar