Senin, 11 Maret 2013

Cara Menikmati Kopi


Aku adalah penggemar berat kopi. Dalam sehari minimal minum kopi sebanyak 2 kali. Ada beberapa cara minum kopi berbeda yang sering aku lakukan disesuaikan dengan situasi kondisi yang ada. 

1. Kopi Walik Walik adalah bahasa jawa yang artinya terbalik. Menikmati kopi walik ini aku lakukan ketika mengobrol dengan ibuku di sore hari atau dengan teman sehingga kopinya bisa bertahan lama. Cara membuatnya adalah : kopi diseduh dengan air panas dalam gelas yang sudah diberi gula. Kemudian diaduk dan ditutup dengan piring kecil. Satu tangan memegang gelas dan satu tangan lagi memegang piring untuk membalik gelas. Cara meminumnya adalah dengan mengangkat gelas hingga terbuka sedikit sehingga kopi bisa keluar sedikit demi sedikit ke dalam piring kecil kemudian menyeruputnya. 

2. Kopi rempah gula merah . Jika musim hujan tiba tentunya aku membutuhkan kehangatan ekstra. Bukan hanya sekedar kopi saja. BIasanya aku membuat kopi dengan cara merebus 2 gelas air + 1 sdm bubuk kopi + seruas jahe yang sudah di geprek .+ 1/2 butir gula merah yang sudah aku iris halus. Setelah air mendidih aku biarkan hingga airnya tinggal 1 gelas saja. Kemudian di saring dan airnya dinikmati sambil merasakan sejuknya hujan. 

3. Kopi Karamel Ini biasa aku buat jika merasa bosan dengan kopi hitam. Gula pasir yang digunakan untuk pemanis aku masak dengan sedikit air hingga menjadi karamel. Karamel tersebut dituang ke dalam gelas. DIatasnya ditambahkan kopi instan juga susu atau cream. Kalau mau diminum perlu diaduk terlebih dahulu agar karamelnya tercampur rata dengan kopi. Biasanya aku suka menambahkan bubuk kayu manis juga untuk mendapatkan sensasi yang lebih mantap.

0 komentar:

Posting Komentar